Wednesday, 21 May 2014

Tiga Fase saat Menahan Napas

Salah satu pertanyaan yang sering dipertanyakan saat akan mengikuti edukasi freediving adalah...

"Bagaimana saya bisa tahu kalau saya sudah mencapai titik batas kemampuan dalam menahan napas?"

Berikut penjelasan yang sederhana tentang menahan napas yang terbagi dalam tiga fase.

Tiga Fase yang dialami saat Menahan Napas

Pada dasarnya setiap orang yang menahan napas, tidak terkecuali walau Anda seorang yang sudah berpengalaman dalam freediving, Anda pasti akan mengalami ketiga fase ini saat menahan napas, yaitu;

Fase pertama, tidak ada dorongan untuk bernapas. Pada umumnya merasa nyaman pada fase ini.
Fase kedua, mulai merasakan efek dari CO2 yang semakin bertambah. Adanya dorongan untuk bernapas.
Fase ketiga, fase terakhir, dorongan yang kuat untuk bernapas yang didominasi oleh kontraksi pada diafragma dan tingkat O2 yang semakin rendah.


Jadi apa arti fase-fase ini bagi Anda? Berikut penjelasannya :

Jika Anda 'naik' (berhenti menahan napas) saat Anda baru merasakan adanya dorong untuk bernapas maka Anda sudah kehilangan dua fase yang dapat memperlama waktu Anda didalam air.

Jika Anda merasakan kontraksi pertama Anda, Anda panik dan 'naik' (berhenti menahan napas), maka Anda sudah melewati fase ketiga yang masih bisa memperlama waktu Anda.

Jika Anda melihat grafik diatas, Anda akan melihat bagian 'zona berbahaya' yang sudah mendekati zona akrhir Anda. Pada tahap ini Anda sudah mencapai ambang terendah tingkat O2 Anda. Belajarlah untuk mengidentifikasi 'zona' ini untuk mendapatkan pelatihan yang progresif.

Peraturan Tambahan

Setelah kita mengalami kemajuan dalam pelatihan, kita dapat memperpanjang napas hingga tahap ketiga, sehingga dapat memperpanjang waktu maksimum menahan napas kita. Kita mulai meningkatkan toleransi terhadap CO2, sehingga dapat merasakan fase kedua kemudian fase ketiga dan kita dapat memperlama waktu ketika fase ketiga itu muncul. Kita dapat meningkatkan kemampuan tubuh kita agar terbiasa dengan tingkat kadar oksigen yang lebih rendah dari normal, sehingga dapat memperlama waktu pada fase ketiga.

Zona Berbahaya

Hal yang paling berbahaya dari semua kegiatan menyelam adalah jika tekanan parsial oksigen dalam otak mencapai titik dimana ia tidak bisa lagi mempertahankan kesadaran. Seiring dengan adanya kemajuan dalam pelatihan, secara perlahan kita memaksakan tingkat CO2 dari awal hingga akhir (kita juga memaksa tingkat O2 dari awal hingga akhir, tetapi sering kali lebih lambat karena tergantung pada kondisi dan kebugaran tubuh kita), belajarlah untuk membiasakan diri dengan kondisi pada fase kedua dan fase terakhir yang membawa kita lebih dekat pada 'zona berbahaya'. Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mencapainya.

Pada kenyataannya, freediver pemula (selama mereka mengikuti pedoman pelatihan dan melakukan pelatihan secara formal) mereka tidak mungkin mengalami resiko blackout atau LMC (Loss of Motor Control) dibandingkan dengan freediver yang sudah berpengalaman, karena freediver pemula memiliki toleransi yang lebih rendah terhadap tingkat CO2 sehingga mereka akan lebih cepat 'naik' (berhenti menahan napas), jauh dari 'zona berbahaya'. Seorang freediver yang sudah berpengalaman, dengan toleransi yang lebih tinggi terhadapa tingkat CO2 akan lebih sering memaksakan diri dari fase kedua hingga fase ketiga dimana sudah mencapai ambang terendah tingkat O2 yang dapat menyebabkan LMC (Loss of Motor Control) dan resiko terburuk yaitu blackout. Zona aman pada tingkat CO2 ini sangatlah penting dan menjadi pedoman bagi kita saat melakukan penyelaman dengan batasan ini, RESPECT IT and BE SAFE!

Ingat, artikel ini merupakan panduan yang sangat kasar tentang menahan napas. Panduan ini agar freediver dapat mengetahui dan fokus saat mereka melakukan pelatihan, dan khususnya bagi freediver pemula mereka dapat mengetahui dan menilai fase-fase yang mereka alami saat menahan napas.

Sebelum Anda memutuskan untuk melatih agar napas Anda lebih panjang, silahkan mempertimbangkan diri untuk mengambil kursus freediving terakreditasi yang ada disekitar Anda. Always dive with a buddy, never dive alone!

Sumber : Freedive UK - The freediving breath-hold rule of thirds

3 comments:

Hey mas masih sering latihan? Boleh joinkah?

Latihan dimana Mas? Pengen ikut latihan nih.. Boleh join Mas? Hehe

Latihan dimana Mas? Pengen ikut latihan nih.. Boleh join Mas? Hehe

Post a Comment