Thursday, 22 May 2014

Freediving Wetsuits

Elios Open Cell Wetsuit
Wetsuit berfungsi sebagai kulit kedua bagi seorang freediving yang menjada suhu tubuh freediver agar tetap hangat dan tidak kedinginan ketika berada didalam air.

Wetsuit Khusus untuk Freediving

Wetsuit yang digunakan untuk freediving harus spesifik dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ukuran wetsuit freediving harus cocok dan pas dengan ukuran tubuh freediver. Biasanya wetsuit freediving tediri dari kombinasi antara sebuah celana long john dan jaket tanpa ritsleting untuk mengurangi masuknya air kedalam wetsuit. Bahan neoprene yang digunakan pada umumnya berbahan open cell yang dapat memberikan kehangatan yang lebih maksimum dan mobilitas yang mudah dalam bergerakan. Kelemahan dari bahan ini adalah sangat rapuh dan mudah sobek jika tergores batu karang.

Wetsuit yang digunakan untuk scuba diving tidak cocok jika digunakan untuk freediving karena sirkulasi air yang dapat dengan mudah masuk kedalam wetsuit sehingga membuat suhu tubuh Anda menjadi dingin kecuali jika Anda banyak bergerak didalam air sehingga dapat menjaga tubuh agar tetap hangat. Tetapi saat Anda melakukan freediving, tentunya Anda akan mencoba untuk bergerak seminimal mungkin agar dapat menghemat oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh ketika Anda menyelam.

Wetsuit freediving yang Ideal

Wetsuit freediving yang ideal adalah yang berbahan halus/licin, fleksibel dan memiliki daya kompresi yang minim ketika berada dikedalaman. Bahan halus/licin yang dipakai dibagian luar wetsuit dapat mengurangi hambatan air dan membantu Anda bergerak didalam air dengan mudah tanpa banyak berusaha melawan hambatan air. Perbedaan antara wetsuit berbahan nilon dan wetsuit berbahan neoprene halus/licin dibagian luar sangat terasa ketika Anda bergerak didalam air.

Wetsuit freediving yang biasa dijual dipasaran Eropa memiliki tipikal ketebalan antara 3.5mm hingga 7mm - makin tebal sebuah wetsuit makin hangat juga wetsuit tersebut, tetapi untuk ketebalan wetsuit 3.5mm hingga 7mm hanya berlaku untuk kondisi cuaca dingin atau suhu air yang dingin, untuk kondisi cuaca tropis cukup menggunakan wetsuit dengan ketebalan 1.5mm hingga 3mm saja. Ketika memilih ketebalan wetsuit Anda tidak hanya suhu air yang diperhitungkan, ada beberapa faktor yang harus diperhitungan termasuk, suhu air, suhu udara, angin, sensitivitas terhadap dingin dan aktivitas yang dilakukan ketika memakai wetsuit.

Jika Anda menggunakan wetsuit untuk kegiatan rekreasi seperti snorkeling sambil freediving, maka Anda tidak membutuhkan wetsuit yang halus/licin melainkan memilih wetsuit berbahan nilon yang lebih tahan terhadap goresan dan tidak mudah robek.
Wetsuit yang tahan terhadap goresan batu karang
Jika Anda menggunakan wetsuit untuk kegiatan seperti kompetisi freediving dan latihan, tentu saja Anda harus memilih wetsuit berbahan open cell yang halus/licin yang mempermudah Anda bergerak didalm air. Serta faktor-faktor suhu air, suhu udara, angin, sensitivitas terhadap dingin juga harus diperhatikan.
Wetsuit yang dipakai oleh William Trubridge untuk kompetisi
Fleksibelitas merupakan faktor paling penting ketika memilih wetsuit freediving. Semakin sedikit gangguan pada gerakan Anda maka semakin bagus wetsuit tersebut.

Custom Wetsuits

Dianjurkan untuk memilih wetsuit custom made. Anda akan mendapatkan wetsuit yang cocok dengan ukuran tubuh Anda dengan sempurna serta efisiensi maksimum dalam isolasi dan manuver. Anda dapat dengan bebas untuk menyesuaikan rincian spesifik seperti memilih wetsuit dengan lengan dalam posisi up - membentang, pencampuran ketebalan yang berbeda dari neoprene untuk bagian yang berbeda dari jaket dan tentu saja memilih warna dan desain sesuai dengan keinginan Anda.

Sumber : Freediving Wetsuits

2 comments:

ada referensi gak tempat membeli wetsuit freedive (online)

thanks

Post a Comment