Friday, 6 December 2013

Freediving Masks

Kaca mata selam atau mask berfungsi agar freediver dapat melihat dengan jelas di dalam air karena adanya ruang udara antara mata dan air. Sebuah masker harus memiliki kantong hidung sehingga ruang udara dapat diratakan dengan tekanan air selama melakukan penyelaman.

Ada tiga hal yang harus dipertimbangkan

Ada tiga hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih masker freediving, yaitu; volume di dalam masker, luas pandangan dan material lensa.

Volume di dalam Masker

Freedivers harus menyeimbangkan tekanan yang berada di dalam masker ketika di dalam air dengan menghembuskan napas ke dalam masker. Karena jumlah udara yang digunakan untuk menyeimbangkan (equalize) masker sama dengan volume di dalam masker, maka lebih baik memilih masker dengan volume internal yang kecil atau lebih dikenal dengan nama low volume masker.

Anda dapat melihat perbedaan antara masker biasa dengan low volume masker dari jarak kantong hidung dengan lensa masker - semakin kecil volume masker semakin jauh jarak tepi lensa dengan kantong hidung masker.
Contoh low volume masker yang biasa digunakan untuk freediving.
Luas Pandangan

Masker dengan volume internal yang kecil biasanya memiliki luas lensa yang kecil yang dapat membatasi luas pandangan freediver. Untuk kegiatan kompetisi freediving hal ini bukanlah masalah, tetapi lain halnya jika untuk kegiatan spearfishing atau rekreasi freediving dibutuhkan volume internal yang kecil juga tetapi juga dengan luas pandang yang lebih besar.

Contoh masker dengan luas pandang yang kecil dan luas tetapi tetap memiliki volume internal yang kecil.
Cressi Minima meiliki volume internal yang kecil tetapi luas pandang sangat terbatas.
Omer Alien meiliki volume internal yang kecil dan pandangan yang luas.
Material Lensa

Lensa yang berbahan plastik memang lebih baik untuk kegiatan freediving karena dapat mengikuti tekanan yang ada sehingga tidak memecahkan lensa. Tetapi, bahan plastik dapat tergores dengan mudah sehingga masker menjadi buram dan mengurangi jarak pandang saat menggunakan masker tersebut.
Omer Zero 3 (kiri) berbahan kaca ; Aqualung Sphera (kanan) berbahan plastik.
Salah satu masker berbahan plastik yang menjadi favorit dan pilihan para freedivers adalah Aqualung Sphera selain karena material plastik juga karena harganya yang paling murah dibandingkan dengan masker bermaterial kaca.

Masalah dengan Penglihatan Mata?

Sekarang sudah tersedia beberapa masker yang lensanya dapat diganti dan disesuaikan dengan masalah mata Anda, tetapi tentu saja harganya sangat mahal dibandingkan masker dengan lensa normal.
Salah satu masker yang dapat diganti lensanya adalah Cressi Ocean Eyes-U
Selalu membawa Cadangan

Dianjurkan untuk selalu membawa masker cadangan ketika freediving sehingga Anda dapat menggantinya ketika masker yang Anda pakai bermasalah.
Sporasub Pirahna design by Momo Design
Dimana tempat untuk membeli fins?

Di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa toko yang menyediakan low volume mask, antara lain :
Selain di Indonesia Anda juga dapat membeli masker dari luar negeri, sudah terdapat banyak toko online yang menyediakan pengiriman barang ke Indonesia.

Sumber : Freediving Masks

1 comments:

sporasub piranha or omer zero 3 min. Yg recommended ???

Post a Comment