Monday, 18 February 2013

Pranayama - Teknik Pernapasan bagi Pemula

Pranayama
Artikel ini memberikan gambaran tentang Teknik Pernapasan bagi Pemula. Pernapasan Yoga atau Pranayama dalam merevitalisasikan tubuh, menenangkan emosi dan menciptakan pikiran yang jernih. Sebelum melakukan latihan ini, Anda harus yakin bahwa Anda memahami bagaimana cara untuk bernapas dengan benar dan bagaimana cara untuk memanfaatkan sepenuhnya penggunaan diafragma. Dalam rangka mempermudah aliran Prana dan memastikan bahwa ada ruang yang cukup untuk mengembangkan/memperluas paru-paruLatihan Pernapasan Yoga dilakukan pada posisi duduk dengan tulang belakang, leher dan kepala dalam garis lurus - baik dalam Pose Mudah / Easy Pose (Sukhasana) , Pose Lotus / Lotus Pose (Padmasana) atau jika Anda merasa tidak nyaman dengan kedua pose, Anda boleh memilih untuk duduk di kursi.

Easy Pose
Easy Pose atau Sukhasana adalah pose relaksasi yang biasa dimaksudkan untuk kegiatan Meditasi. Hal ini untuk mengembangkan ketenangan batin dan meluruskan tulang belakang, mengembangkan pinggul, dan mengurangi kelelahan. Seperti namanya, pose ini sangat mudah dilakukan. Pada bagian ini, pelajari bagaimana melakukan Easy Pose.
  •      Duduklah di lantai atau Mat Yoga.
  •      Silangkan kaki Anda, tempatkan kaki Anda di bawah lutut Anda.
  •      Dekapkan tangan Anda di sekitar lutut Anda.
  •      Jaga kepala dan tubuh tetap lurus.
Bagi pemula dapat mencoba melakukan pose ini dengan bantal tebal untuk menambah kenyamanan.

Teknik Pernafasan Yoga bagi Pemula

Anuloma Viloma dan Kapalabhati sama pentingnya dalam Sesi Dasar Asana dan akan menjadi tulang punggung dari Pranayama Anda. Kedua teknik ini harus dipraktekkan secara khusus, sebelum Anda melakukan set Asana harian Anda.

1)  Anuloma Viloma (Hidung Bergantian)

Anuloma Viloma juga disebut Teknik Pernapasan Alternatif Hidung. Dalam Teknik Pernapasan ini, Anda menghirup udara melalui satu lubang hidung, menahan napas, dan menghembuskan napas melalui lubang hidung lainnya dalam rasio 02:08:04. Lubang hidung sebelah kiri merupakan jalan dari Nadi yang disebut dengan Ida dan lubang hidung sebelah kanan merupakan jalur Nadi yang disebut dengan Pingala. Jika Anda dalam kondisi benar-benar sehat, Anda akan bernapas lebih dominan melalui lubang hidung Ida sekitar satu jam dan lima puluh menit, kemudian melalui lubang hidung Pingala. Namun pada kebanyakan orang, ritme ini mengalami gangguan. Anuloma Viloma mengembalikan, menyetarakan dan menyeimbangkan aliran Prana dalam tubuh.

Satu putaran Anuloma Viloma terdiri dari enam langkah, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Mulailah berlatih dengan tiga putaran dan menambahkan secara perlahan hingga dua puluh putaran, memperluas jumlah dalam rasio yang telah diberikan. 

Wisnu Mudra atau Vishnu Mudra 

Dalam Anuloma Viloma, Anda memakai teknik Vishnu Mudra dengan menggunakan tangan kanan Anda untuk menutup lubang hidung Anda. Selipkan telunjuk dan jari tengah ke hidung Anda. Letakkan ibu jari Anda pada lubang hidung sebelah kanan dan jari manis serta kelingking Anda pada hidung sebelah kiri.

Satu Putaran Anuloma Viloma (Pernapasan Hidung Bergantian)

Anuloma Viloma 1

Tarik napas melalui lubang hidung kiri, tutup lubang hidunng kanan dengan ibu jari. Empat kali hitungan.




Anuloma Viloma 2

Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung. Enam belas kali hitungan







Anuloma Viloma 3

Buang napas melalui lubang hidung kanan, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis dan kelingking. Delapan kali hitungan.

 



Anuloma Viloma 4

Tarik napas melalui lubang hidung kanan, pastikan lubang hidung sebelah kiri ditutup dengan jari manis dan kelingking. Empat kali hitungan.

 



Anuloma Viloma 5

Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung, Enam belas kali hitungan.






Anuloma Viloma 6

Buang napas melalui lubang hidung sebelah kiri, pastikan lubang hidung sebelah kanan ditutup dengan ibu jari. Delapan kali hitungan.





Manfaat Anuloma Viloma

Dengan melaksanakan Anuloma Viloma secara benar akan menghasilkan fungsi yang optimal untuk kedua sisi otak: yaitu mengoptimalkan kreativitas dan mengoptimalkan kegiatan verbal logis. Hal ini akan membuat kedua sisi otak, sisi kiri yang bertanggung jawab untuk berpikir logis dan sisi kanan yang bertanggung jawab untuk berpikir kreatif untuk berfungsi dengan baik. Hal ini akan menghasilkan keseimbangan antara pemikiran seseorang yang kreatif dan logis. Para Yogi menganggap hal ini menjadi teknik terbaik untuk menenangkan pikiran dan sistem saraf.

Anuloma Viloma: Penegasan secara Ilmiah

Ilmu kedokteran baru-baru ini menemukan siklus hidung, sesuatu yang sudah ditemukan oleh Yogi ribuhan tahun yang lalu. Ilmuwan modern menemukan bahwa kita tidak bernapas secara sama pada kedua lubang hidung, pasti salah satu lubang hidung jauh lebih mudah untuk bernapas daripada yang lain pada waktu tertentu. Dan lubang hidung ini akan selalu bergantian setiap tiga jam. Para Yogi mengklaim bahwa periode yang alami adalah setiap dua jam, tapi kita harus ingat studi ini dilakukan pada orang-orang yang tidak memiliki tingkat kesehatan yang optimal.Para ilmuwan juga menemukan bahwa siklus hidung sesuai dengan fungsi otak. Aktivitas listrik otak ditemukan lebih besar pada sisi yang berlawanan dari lubang hidung yang kurang padat atau tidak tersumbat. Sisi kanan otak mengontrol aktivitas kreatif, sementara sisi kiri mengendalikan kegiatan verbal logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika lubang hidung kiri tidak tersumbat, sisi kanan otak yang akan lebih dominan. Tes pada subjek memang menunjukkan hasil yang lebih baik pada tes kreatif. Demikian pula ketika lubang hidung kanan yang tidak tersumbat maka sisi kiri otak akan lebih dominan. Tes pada subjek memang menunjukkan hasil yang lebih baik pada tes verbal logis.
 Ilmu kedokteran belum cukup menandingi pengetahuan Yogi kuno. Para yogi kuno bahkan lebih maju satu langkah lebih jauh. Mereka mengamati bahwa banyak penyakit yang disebabkan gangguan dari siklus hidung atau jika seseorang bernapas terlalu lama melalui satu lubang hidung. Untuk mencegah dan memperbaiki kondisi ini, mereka mengembangkan Teknik Pernapasan Alternatif Hidung. Hal ini  untuk membersihkan setiap penyumbatan aliran udara di hidung dan membangun kembali siklus hidung alami. Sebagai contoh, para yogi telah dikenal untuk waktu yang lama bahwa pernapasan berkepanjangan melalui lubang hidung sebelah kiri saja (selama periode tahun) akan menyebabkan Asma. Mereka juga tahu bahwa penyakit ini disebut dapat disembuhkan dengan mudah diobati dengan mengajar pasien untuk bernapas melalui lubang hidung kanan sampai Asma sudah sembuh dan mencegah dengan melakukan Teknik Pernapasan Alternatif Hidung secara berulang. Para yogi juga percaya bahwa Diabetes disebabkan, untuk sebagian besar, karena lebih banyak bernapas melalui lubang hidung kanan.


2) Kapalabhati (Pembersihan Nafas)
 

Kapalabhati adalah Teknik Pernapasan yang digunakan khusus untuk pembersihan. Jika kita memiliki banyak lendir di saluran napas atau merasakan ketegangan dan penyumbatan di dada seringkali akan lebih membantu dengan cara bernapas cepat. Dalam praktik ini, kami sengaja bernapas lebih cepat dan pada saat yang sama hanya menggunakan Pernapasan Perut, yaitu, Diafragma, bukan Pernafasan Dada. Dalam Kapalabhati, Nafas pendek, cepat, dan kuat. Kita menggunakan paru-paru sebagai pompa, dengan menciptakan tekanan yang begitu banyak yang digunakan untuk mengusir semua udara yang kotor dan akan dihapus dari saluran udara, dari paru-paru menuju ke atas melalui lubang hidung. 'Kapala' berarti "tengkorak," dan 'bhati' berarti "yang membawa secara ringan." Kapalabhati adalah hal yang baik untuk dilakukan ketika kita merasa berat atau berkabut di kepala. Jika kita memiliki masalah dengan sinus atau merasa mati rasa di sekitar mata, Kapalabhati dapat membantu untuk membersihkan daerah ini juga.
Teknik Kapalabhati

Teknik Kapalabhati dan Teknik Pernapasan Bhastrika memiliki prinsip umum yang sama, yaitu bahwa kita membersihkan saluran hidung dengan kekuatan nafas. Kita harus benar-benar sangat berhati-hati dengan teknik ini karena ada bahaya yang menciptakan ketegangan dalam napas. Kita juga bisa menjadi pusing ketika kita bernapas dengan cepat, untuk alasan ini kami selalu menyimpulkan untuk mempraktekan Kapalabhati dengan beberapa napas lambat. Sangatlah penting untuk tidak bernapas cepat sekali dengan terlalu banyak, tapi setelah mengambil beberapa napas cepat maka ambillah beberapa kali napas yang lambat di mana kita menekankan pada pelepasan nafas yang panjang.

Satu Putaran Kapalabhati (Pembersihan Nafas)

Ambil dua napas normal. Tarik napas. Sekarang keluarkan napas, tarik perut Anda kedalam. Ulangi dua puluh kali, jagalah irama yang stabil dan menekankan pernafasan setiap kali. Kemudian tarik napas, napas sepenuhnya, tarik napas secara penuh dan tahan napas Anda selama Anda bisa dengan nyaman. Hembuskan napas secara perlahan-lahan.


Sumber : Pranayama - Breathing Techniques for Beginners

1 comments:

Salam kenal Gan
artikelnya bermanfaat sekali bagi para pemula mengikuti senam yoga
saya mau tanya pernafasan pemula ini tiap gerakan dilakukan berapa pengambilan pernafasan ya didalam gerak2an senam yoga?
dan untuk senam yoga adakah rekomendari baju senam terbaru murah berkualiats bagi pemula mengikuti senam yoga?

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More