Wednesday, 31 October 2012

Fun Freediving di Tulamben

Freediver beraksi di Tulamben
Tulamben merupakan salah satu tempat wisata diving (menyelam) yang sangat terkenal di Bali bagian Timur dengan salah satu dive spot yang terkenal yaitu kapal karam U.S.A.T Liberty dan tak heran jika sangat banyak scuba diver (penyelam) lokal dan asing yang berdatangan dan melakukan kegiatan scuba diving disini. Melakukan kegiatan diving dan snorkeling disini sudah menjadi hal yang biasa, tetapi bagi Anda yang menyukai kegiatan yang lebih menantang dan menarik, tidak ada salahnya jika melakukan kegiatan freedive disini.

Freedive atau freediving merupakan kegiatan menyelam yang masih baru di Indonesia, yang menjadikan kegiatan freedive ini berbeda dengan kegiatan scuba diving adalah; kegiatan freediving ini dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernapasan (alat scuba) dalam melakukan penyelaman, penahanan napas merupakan kunci utama dalam melakukan kegiatan freediving ini.

Dalam kesempatan ini, saya dan beberapa teman dari komunitas Let’s Freedive (Jakarta) dan Jogja Freediving (Yogyakarta) melakukan kegiatan freediving di Tulamben dan Amed, disini kami juga bertemu dengan Lucas dan Julia di Bali yaitu pemilik Apnea Bali yang merupakan salah satu freediving center berdomisil di pantai Jemeluk – Amed.

Julia dan Lucas pemilik Apnea Bali, Arif Yunus dan Jason Hakim pendiri Let's Freedive
Pemandangan kapal karam milik Amerika ini sangatlah unik dan inilah yang membuat kami betah untuk berlama-lamaan freedive disini. Waktu terbaik untuk menyelam disini adalah sebelum matahari terbit karena biota laut yang berada disini akan keluar semua dan akan sangat mudah melihat berbagai biota laut yang menarik perhatian. Bagi para freediver sangatlah menyenangkan untuk melakukan penyelaman disini karena Anda dapat menyelip sana sini menelusuri lorong-lorong kapal karam tanpa harus merasa canggung karena Anda tidak memakai alat scuba yang membuat Anda merasa takut jika tersangkut di terumbu karang. Tetapi jangan melakukan penyelaman tanpa seorang teman (buddy), karena sangatlah penting untuk menyelam dengan seorang buddy yang memperhatikan Anda dari permukaan dan saling bertukaran selang waktu penyelaman.
Melihat lebih dekat dinding kapal USAT Liberty
Selain melakukan freediving di spot kapal karam U.S.A.T Liberty ini, saya juga merekomendasi Anda untuk mengunjungi spot lain seperti Coral Garden sekitar 100 meter ke arah Timur atau menuju pantai yang berada di Matahari Resort, di Coral Garden terdapat sangat banyak terumbu karang yang berwarna-warni serta banyak biota laut yang mudah ditemui disini mulai dari ikan yang lebih dikenal dengan Nemo hingga ikan kota dan masih banyak jenis biota laut yang bisa Anda temukan disini, dan Anda juga tidak perlu khawatir karena di spot ini tidaklah sangat dalam hanya 3-5 meter dari permukaan laut Anda sudah dapat menikmati pemandangan bawah laut yang begitu indah serta berwarna-warni, spot ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan snorkeling tetapi juga tidak ada salahnya bagi Anda pecinta fotogafi bawah laut.

Founding Nemo
Selain spot Coral Garden ini, jangan lupa juga dengan spot lain yang berada didekatnya yaitu Paradise point dan Matahari point yang terletak berdekatan dengan spot Coral Garden. Yang membuat Anda membedakan letak spot ini adalah letak penginapan yang berada di bibir pantai, jika Anda melihat sebuah resort Private Paradise maka Anda tepat berada di spot Paradise Point, dan jika Anda telah sampai ke Matahari Resort maka Anda tepat berada di spot Matahari Point. Dari ketiga spot ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu menakjubkan, ikan badut yang menari sana sini, bukan hanya 2 ekor tetapi Anda dapat melihat lebih dari sepasang ikan badut yang bermain dalam satu tempat bermain mereka.
Sweetlips dan beberapa Butterflyfish
Setelah Anda sampai di Matahari point, saya menyarankan Anda untuk tidak melanjutkan ke arah timur lagi jika Anda takut dengan kedalaman, karena setelah spot Matahari point ini Anda sudah memasuki spot diving yang juga tak kalah terkenalnya bagi para penyelam yang profesional yaitu Drop off point yang terkenal dengan dinding (wall) yang sedalam 40 meter, disini jika Anda hanya melihat dari permukaan air maka Anda tidak dapat melihat pemandangan terumbu karang seperti spot sebelumnya, yang akan Anda lihat adalah latu biru yang begitu dalam hingga membuat bulu kuduk Anda merinding. Tetapi bagi para penyelam mereka sangat menyukai tempat ini karena keunikan terumbu karang yang berada disepanjang dinding tersebut.
Tetapi bagi Anda yang hanya menyukai tempat dangkal dan tidak terlalu dalam, maka pilihan yang tepat untuk Anda adalah spot U.S.A.T Liberty Wreck, Coral Garden, Paradise Point dan Matahari Point sudah sangat memuaskan mata Anda dan membuat Anda ingin kembali lagi kesana.

1 comments:

untuk biaya untuk freedive di lokasi tsb boleh infonya?

Post a Comment