Sunday, 2 September 2012

Attitude atau perilaku dan sikap seorang penyelam di laut (Snorkeling, Freediving dan Diving)

Tujuan dari artikel ini adalah supaya para penyelam atau penikmat keindahan biota bawah laut dapat lebih peka terhadap lingkungan tempat Anda menyelam.

- Pastikan peralatan menyelam Anda terpasang dengan baik. (Di cek dulu dengan benar ya biar aman)
Cek peralatan diving Anda
Cek peralatan freediving Anda
Cek peralatan snorkeling Anda

- Jangan mengganggu kehidupan bawah laut ya. (Coba kalo kita lg asyik nyemplung terus ada yang gangguin, risih banget kan? :D)
Jangan menggangu kehidupan bawah laut ya
Aksi Bom ikan masyarakat nelayan yang merusak semua biota bawah laut
Jangan menggangu kehidupan bawah laut jika Anda tidak ingin terluka

- Di lihatin aja deh, jangan DISENTUH atau DIPEGANG karena bisa melukai Anda ataupun mereka loh. ('mereka' itu biota yang ada dilaut, ikan, terumbu karang dll, jangan samain sama nyolek makanan ya. :D)
Jangan DISENTUH atau DIPEGANG
Selama 1 tahun rata-rata pertumbuhan karang hanya mencapai sekitar 1 cm.
- Jangan menembak ikan yang masih kecil dan tidak layak konsumsi. (Ini sama saja memutuskan rantai kehidupan loh, menembak ikan itu ada etikanya, coba baca dulu etika dan sikap dalam spearfishing buat yang mau coba-coba nembak ikan ya.)

Jangan menembak ikan hias atau ikan yang tidak layak konsumsi

- Jangan mengambil/memindahkan apapun dari dalam air kecuali sampah. (Yang biasa jadi korban itu bintang laut, mereka butuh waktu yang lama loh untuk mencapai suatu titik tempat dan dengan asyiknya Anda mengambil/memindahkan mereka hanya untuk foto narsis?)
Jangan mengambil/memindahkan apapun dari dalam air kecuali sampah
Belajarlah untuk lebih peka terhadap lingkungan jika Anda memang suka menikmati alam bawah laut

- Jangan berdiri/duduk di atas terumbu karang. (Kalo mau berdiri mending di darat aja, kalo mau duduk mending di kursi, gak ada kerennya berobjek foto dengan berdiri/duduk di terumbu karang loh, malah hancurin reputasi Anda :D)
Jangan pernah berdiri dan menginjak/menduduki/memegang terumbu karang, jika Anda merasa kelelahan maka naiklah keatas kapal untuk beristirahat, jangan pernah berdiri di atas karang dengan alasan kelelahan
Selain melukai terumbu karang, hal ini juga melukai diri Anda sendiri
- Perhatikan kayuhan fin (sepatu katak) Anda. (Kalo merasa masih belum begitu bisa mengendalikan kayuhan fin, mending jangan maksain menyelam terlalu dekat dengan karang ya, kasihan tuh fin-nya colek sana sini jadi lecet nanti. :D)
Perhatikan kayuhan fin (sepatu katak) Anda

- Hati-hati dan bijaksanalah saat mengambil gambar atau video. (Jangan mengejar ikan hanya demi sebuah gambar ya, tar air laut tambah asin lagi gara-gara ikannya keringatan karena dikejar, perhatikan juga penggunaan flash-kamera ya.)
Hati-hati saat mengambil gambar, pehatikan area disekitar Anda, jangan sampai memegang atau berdiri atau menempel pada terumbu karang disekitar Anda serta cerdaslah dalam penggunaan flash-kamera karena ikan akan sangat mudah mengalami stress yang menyebabkan mereka tidak dapat makan selama beberapa hari jika terkena flash yang berlebihan

- Hati-hati dan perhatikan pada saat masuk atau keluar dari air, hindari merusak terumbu karang. (Ini yang musti diperhatikan, siapa tau lagi ada "ikan batu" lagi ngetem dan Anda injak, kan gak asyik itu. :D)
Jangan asal injak sana sini ya

- Jangan tinggalkan sampah di laut ya, buang sampah pada tempatnya. (Ingatloh, laut itu bukan tempat sampah, mending dikantongin dulu, kalo ketemu sampah plastik didalam laut mending pungut aja selipin dikantong ato wetsuit kek, kasihan tuh Penyu suka salah liat dikira ubur-ubur.)
Jangan membuang atau meninggalkan sampah di laut baik itu membuang sampah kecil seperti puntung rokok, botol minum dll dari atas kapal atau pantai
Inilah beberapa korban dari ketidak pedulian Anda dengan membuang atau membiarkan sampah berada di laut
Inilah akibatnya jika Anda tidak peduli, siapa yang akan Anda salahkan? Pemerintah atau diri Anda sendiri?
Tempat wisata laut dan pantai yang Anda sukai akan menjadi tempat sampah karena ketidak pedulian Anda
Belajarlah untuk peduli, mereka bukanlah orang pemerintah yang di gaji untuk mengambil sampah di laut, mereka adalah relawan dan orang-orang yang peka dan peduli terhadap lingkungan

Hal-hal kecil seperti ini sudah sangat membantu

- Perhatikan jarak aman dari terumbu karang ya. (Kalo masih belum menguasi buoyancy, mending jangan terlalu dekat ke terumbu karang ya, berat tau mau nopang Anda yang nindih mereka. :D)
Buoyancy merupakan kealihan yang sangat penting dalam melakukan penyelaman
Perhatikan jarak aman dari terumbu karang

* Mungkin semua orang pasti pernah melakukan beberapa kesalahan diatas termasuk saya sendiri, tetapi dengan adanya informasi ini dan kesadaran diri yang didapat selama menyelam dan melihat kondisi-kondisi perubahan dan kerusakan terumbu karang yang semakin pesat, tidak ada salahnya kita sebagai penyelam (freediver/diver/snorkeling) ikut serta dalam menjaga kelestarian mereka demi kelangsungan hidup semua rantai kehidupan.

= Semoga semua pecinta laut, pantai dan penyelam serta pecinta snorkeling yang ada di Indonesia lebih sadar dan peduli serta ikut menjaga keindahan bawah laut Indonesia ya. Dengan menjaga sikap Anda di laut, maka Anda sudah sangat membantu dan tidak ada salahnya kita menegur mereka yang masih belum memperhatikan dan sadar akan rentannya kehidupan biota bawah laut ini.

Bantu juga disebarkan informasi ini, jangan gosip doang yang disebarkan ya :D
Kalo ada kata-kata yang salah atau kasar atau menyindir, mohon di maafin ya:)
+ Kalo ada tambahan lagi boleh dikomentar disini ya.

5 comments:

jangan lewat diatas bulu babi kalo ga yakin bisa melewatinya, wkwkwkwk...

makasih atas infonya.. ijin share yah

Terima kasih untuk artikelnya, saya minta ijin share ya :)

ada yg tahu utk beli fins leaderfins or carbon di Indonesia ga? klo ada kirim alamatnya dong ke e-mail febri_ansyah60@yahoo.com atau dgn hubungi kontak saya di 089614243482

ada yg tahu utk beli fins leaderfins or carbon di Indonesia ga? klo ada kirim alamatnya dong ke e-mail febri_ansyah60@yahoo.com atau dgn hubungi kontak saya di 089614243482

Post a Comment