Friday, 20 July 2012

Bagian 8: Frenzel-Fattah alias teknik mouthfill

Metodenya telah kami jelaskan dalam tujuh bagian yang lalu dan seharusnya sudah cukup bagi kebanyakan penyelam untuk belajar seumur hidupnya. Ketika dilakukan dengan benar, teknik Frenzel, dikombinasikan dengan relaksasi yang tepat, posisi menyelam yang baik dan kontrol diafragma yang membuatnya mungkin untuk menyelam lebih dari 50 meter. Bahkan Frenzel yang mendingan saja (passable) cukup untuk membawa Anda menyelam sampai ke 30 meter. Sisanya hanyalah kurangnya praktek. Dalam bagian terakhir ini kami menyajikan metode yang disebut mouthfill, yang merupakan versi lebih maju dari teknik Frenzel. Tetapi pertama-tama, kami menyarankan Anda untuk mempelajari tujuh bagian yang telah kita bahas dengan benar. Metode yang disajikan dalam bagian ini adalah "baik untuk diketahui", sehingga Anda dapat kembali lagi ke kedalaman menyelam Anda ketika Anda memerlukannya. Sangatlah sedikit penyelam di dunia yang benar-benar membutuhkan metode ini, dan dengan beberapa penyelam tersebut kita berbicara tentang kedalaman yang jauh melampaui 60 meter.

Efektivitas dan kemampuan dari metode mouthfill ini berdasarkan pada kenyataan setelah Anda menggunakannya pada penyelaman yang lebih dalam, semakin lambat efek relatif maka tekanan akan semakin meningkat. Misalnya, jika Anda menyelam dari permukaan sampai 10 meter, tekanan akan terasa dua kali lipat (1 bar -> 2 bar). Jika Anda menyelam ke bawah dari 50 meter, 60 meter lebih adalah dibutuhkan untuk penggandaan tekanan (6 bar -> 12 bar). Biasanya batas equalizing adalah sangat mengherankan. Pada saat di dalam kedalaman tertentu, katakanlah 35 meter, setelah itu paru-paru akan dikompresi bahwa tidak mungkin untuk memperoleh udara keluar dari paru-paru.

Mari kita berasumsi bahwa seorang penyelam bisa menyelam sampai empat meter tanpa equalize. Ini berarti bahwa telinga dia dapat menahan peningkatan 40% pada tekanan, sebelum dia harus melakukan equalize denagn baik atau dia harus membatalkan penyelaman. Jika penyelam yang sama  dapat melakukan equalize untuk terakhir kalinya di kedalaman 22,5 meter, secara teori dia dapat menyelam sampai 35 meter sebelum tekanan negatif di telinga tengah (middle ears) akan mengakhiri penyelamannya (asumsi yang telah kita buat di sini sangatlah optimis untuk membuat perhitungan kita menjadi lebih mudah. ​​Kami tidak menyarankan siapapun untuk menyelam dari 22,5 meter menuju ke 35 meter tanpa equalize!)

Jika penyelam mengisi mulutnya segera setelah melakukan equalizing terakhir (sementara dia masih bisa mendapatkan udara keluar dari paru-parunya), sehingga dia masih bisa equalizing di kedalaman 35 meter untuk terakhir kalinya, secara teoritas maksimum penyelaman akan memperpanjang sampai 43 meter (35m = 4,5 bar => 4,5 + 0,4 * 4,5 (40%) = 5.3 => 43m). Udara tambahan tidaklah muncul secara ajaib entah dari mana. Sebaliknya, intinya adalah untuk memindahkan udara ke mulut selagi masih mungkin untuk memindahkannya keluar dari paru-paru. Udara di dalam mulut kemudian dapat digunakan untuk equalize beberapa kali lebih banyak, tetapi mulutnya tidak dapat diisi lagi setelah ini. Berpikirlah seperti ini: dengan teknik dasar Frenzel , Anda memindahkan gelembung kecil udara dari paru-paru Anda ke mulut Anda, dan kemudian Anda mendorongnya ke dalam telinga tengah. Dengan metode mouthfill Anda memindahkan satu gelembung besar ke dalam mulut Anda, yang kemudian dapat digunakan untuk beberapa equalizations. Hal ini memungkinkan penyelam untuk lebih banyak bersantai selama dalam bagian penyelaman, karena mendapatkan udara keluar dari paru-paru dengan diafragma adalah SANGAT melelahkan dan jauh dari relaksasi. Dengan mouthfill, Anda dapat menikmati terjun bebas dengan diafragma Anda yang relaks.

Efektivitas mouthfill tergantung pada banyak faktor, tetapi dengan teknik yang tepat dan dengan memanfaatkan seluruh volume mulut (dengan latihan), penyelam dapat melakukan equalize sampai 10 meter dengan hanya melakukan sekali mouthfill saat di permukaan. Ini berarti bahwa setelah tekanan meningkat dua kali lipat, penyelam masih dapat melakukan equalize untuk terakhir kalinya. Jika penyelam mengisi mulutnya untuk terakhir kalinya pada kedalaman 30 meter (kedalaman realistis), dia dapat menyelam sampai 70 meter (di mana tekanan telah dua kali lipat) dan masih dapat melakukan equalize. Pada prinsipnya penyelam bisa menyelam hingga tekanan 40% lebih dengan "peregangan" gendang telinga, yang berarti penyelaman 102 meter.

Semua ini tentu saja sangat teoritis, sehingga angka-angka ini tidak harus dianggap terlalu serius. Namun perlu diingat bahwa Eric Fattah, penemu dan ahli teknik ini mengatakan bahwa ia bisa menyelam hingga 22 meter dari permukaan dengan hanya sekali mouthfill, dan bahwa ia dapat mengisi mulutnya untuk terakhir kalinya pada kedalaman 37 meter (kepala di bawah). Dari sini Anda dapat menghitung bahwa dengan satu mouthfill ia dapat menyelam hingga sekitar tiga kali tekanan. Jadi dari 37 meter (4,7 bar) dia bisa menyelam hingga 15,1 (4,7 * 3,2) bar, yang berarti 141 meter. Angka yang sangat mengesankan, terutama jika Anda mempertimbangkan kenyataan bahwa dia mengatakan bahwa jika ia berbalik badan ketika mengisi mulutnya, atau jika ia menyelam dengan posisi kepala di atas, ia dapat mengisi mulutnya jauh lebih dalam.

Secara teori ini terdengar sangat hebat. Tetapi apakah itu berguna bagi sebagian besar penyelam? Berikut ini adalah panduan sederhana. Jika kedalaman maksimum Anda adalah misalnya 35 meter dan dibatasi oleh equalizing, coba ini:

-Aturlah alarm di dive computer Anda berbunyi 10-15 meter sebelum batas Anda, misalnya 25 meter.

-Ketika Anda mendengar alarm, isi mulut Anda dengan udara.

-Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, Anda masih memiliki udara di mulut Anda pada kedalaman 35 meter, yang dapat Anda gunakan untuk equalizing.

-Lewati batasan kedalaman 35 meter Anda dan berenang dengan aman kembali ke permukaan.

Jadi bagaimana Anda bisa mempraktekkan teknik ini? Ketika musim dingin lakukan penyelaman dengan keadaan paru-paru kosong ke dasar kolam dengan sekali isi mouthfill di permukaan merupakan alat pelatihan yang terbaik. Anda dapat mencapai dasar kolam 4 meter dengan cukup mudah jika seperti ini, tetapi berhati-hatilah dan lanjutkan perlahan untuk mencegah cedera paru-paru! Latihan lain yang baik adalah dengan menyelam ke bawah dengan napas yang sedikit atau "hampir kosong" paru-paru Anda, dan mencoba untuk mengisi mulut Anda saat berada di bawah.

Di musim panas itu adalah pelatihan yang sangat baik untuk melakukan banyak penyelaman mudah dan santai untuk 10-15 meter kurang dari kedalaman maksimum Anda, dan cobalah mengisi mulut Anda sebelum mencapai dasar. Dan tentu saja dengan melakukan penyelaman yang dalam merupakan jenis pelatihan terbaik yang pernah ada.

Saya bertanya pada ahli equalizing kami, Teppo Kallio, untuk pandangannya pada subjek ini. Berikut ini harus ditanggapi dengan serius, orang ini telah bekerja lama dan keras untuk mempelajari teknik equalize yang berbeda dan pada awalnya dia hampir tidak dapat melakukan equalize sama sekali (untuk beberapa orang, semua ini adalah alami, tetapi ini adalah kata-kata seorang pria yang "gak ada harapan" dalam equalize):

Saya melakukan ini di musim panas lalu. Saya berlatih dalam kolam 5 meter, dengan noseclip, turun ke bawah dengan kaki duluan masuk. Saya mengosongkan paru-paru saya di permukaan, tetapi meninggalkan mulutku penuh dengan udara. Penurunan haruslah sangat lambat, akan lebih baik jika Anda memiliki tali yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol kecepatan keturunan Anda. Saya melakukan equalize setiap 0,3 meter. Ini terasa sulit di awal-awal, karena dengan metode ini saya hanya mendapatkan jumlah yang sangat kecil dari udara di telinga saya. Setelah telah berhasil menguasainya, saya turun dengan posisi kepala di bawah. Saat hal ini juga sudah berhasil, saya melakukan hal yang sama dengan Masker. Saya punya masalah Masker yang bocor ketika mengerakkan pipi saya. Juga, saya tidak melakukan equalize pada Masker. Jika saya melakukan equalize pada Masker dengan metode Frenzel-Fattah, saya akan kehilangan udara dalam mulutku dengan cepat ketika saya membuka lubang hidungku.

Saya menyingkirkan masalah Masker ketika saya beralih dari Minima Cressi ke Sphera. Dengan sphera, saya tidak melakukan equalize pada masker setelah saya beralih ke Frenzel-Fattah. Di laut (open water) saya beralih ke metode equalize sekitar 30-35 meter. Sisa dari penyelaman menjadi sangat santai, karena saya tidak perlu menendang atau meregangkan otot pernapasan saya lagi. Saya melakukan equalize dengan lidah saya 2-3 kali per detik selama sisa penyelaman.

Menurut dokumen Eric Fattah, dengan metode Frenzel Anda bisa mendorong udara ke dalam telinga Anda dengan terlalu banyak kekuatan. Hal ini bisa saja terjadi, jika Anda dapat menjaga pipa pembuluh (e-tubes) Anda dengan benar terbuka setiap saat. Pipa pembuluh saya tampaknya tertutup begitu saya tidak melakukan equalize. Inilah mengapa saya perlu untuk "memompa" dengan lidah saya dengan sangat sering.

Ini akhir dari artikel kami. Jika Anda menemukan sesuatu yang salah dengan nomor saya dan perhitungan, beritahu saya dan saya akan memperbaikinya. Saya harap artikel ini akan berguna bagi seseorang. Kami berhasil menyelesaikannya sebelum musim sesi open water, jadi sekarang Anda harus memiliki alat yang tepat untuk memulai pelatihan Constant Wight Anda (tidak, waktunya tidak terlalu mendadak). Ini telah menjadi kesenangan bagi saya untuk menulis artikel ini. Saya masih menuggu untuk ide-ide baru tentang subjek ini, atau saran untuk topik baru.

Sekarang keluar dan memulailah berlatih dan JANGAN PERNAH MENYELAM SENDIRIAN!

Perhatian : Pelatihan dengan tulisan yang saya merahkan hanya boleh dilakukan oleh mereka yang benar-benar telah mengerti tentang teknik paru-paru kosong dan teknik packing pernafasan. Jangan pernah melakukan latihan ini tanpa pengawasan teman atau buddy yang benar-benar memahami prosedur keselamatan. 

Sumber asli artikel ini dapat Anda baca di : The Frenzel Technique 

0 comments:

Post a Comment